Kamis, 22 Desember 2011

PENDIDIKAN PANCASILA ADALAH PENDIDIKAN BERKARAKTER BAGI MAHASISWA (TINJAUAN DARI FILSAFAT PANCASILA)

        Pancasila adalah dasar falsafah negara Indonesia sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Setiap warga negara wajib mempelajari, mendalami, menghayati, dan mengamalkannya dalam segala bidang kehidupan. Seperti kita ketahui bersama, bahwa saat ini Indonesia berada dalam era globalisasi. Maka agar tidak terombang ambing di tengah masyarakat internasional, bangsa Indonesia harus memiliki visi dan ideologi yang kuat (nasionalisme). Terutama kita sebagai mahasiswa harus memiliki ideologi yang berdasarkan atas Pancasila. Sebab mahasiswa memiliki peran yang penting dalam masyarakat contohnya: sebagai kontrol sosial dan calon pemimpin bangsa.
Dengan begitu setiap mahasiswa dan rakyat Indonesia pada umumnya harus mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu setiap warga Indonesia wajib menghayati nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila secara utuh dan menyeluruh.
        Agar terbentuk masyarakat yang berjiwa Pancasilaisme harus ada pendidikan Pancasila dalam setiap tingkat pendidikan formal, terutama untuk tingkat pendidikan tinggi. Karena di tingkat ini adalah fase paling rawan, artinya di tingkat ini banyak mahasiswa yang mencari pandangan hidup (ideologi) yang sesuai dengan dirinya. Disinilah peran Pancasila sebagai ideologi diperlukan sebagai penanaman karakter bagi mahasiswa. Karena hanya Pancasila yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

          Pancasila sebagai dasar filsafat negara merupakan sumber bagi segala tindakan para penyelenggara negara, menjadi jiwa dari perundang-undangan yang berlaku dalam kehidupan bernegara. Secara filosofis dan obyektif, nilai-nilai yang tertuang dalam sila-sila Pancasila merupakan filosofi bangsa Indonesia sebelum mendirikan negara Republik Indonesia. Maka dari itu, dalam menghadapi tantangan kehidupan bangsa dalam maraknya globalisasi, Bangsa Indonesia harus tetap memiliki nilai-nilai, yaitu Pancasila sebagai sumber nilai dalam pelaksanaan kenegaraan yang menjiwai pembangunan nasional di berbagai bidang.  
Pancasila sebagai dasar falsafah bangsa merupakan satu kesatuan nilai yang tidak dapat dipisah-pisahkan dengan masing-masing sila –silanya, karena apabila dilihat satu persatu dari masing-masing sila itu dapat sajaditemukan dalam kehidupan bangsa lain. Namun makna pancasila terletak pada nilai-nilai drai masing-masin sila sebagai satu kesatuan yang tidak dapat ditukarbalikkan letak dan susunanya.
Merupakan kewajiban moral untuk merealisasikan nilai-nilai tersebut di atas dalam bidang kehidupan berbangsa dan bernegara. Adapun wujud realisasinya adalah melalui pendidikan pancasila yang juga merupakan suatu media pendidikan berkaraket bagi setiap warga negara.  Pancasila mencakup karakter nasional dan global, yakni etos kerja yang tinggi, bekerja keras, cinta tanah air, nasionalis, cerdas, kreatif, kritis, inovatif, bertanggung jawab, adil, bijaksana. Selain itu, karakter lainnya ialah bermental pemberani (patriotik), tekun, berwawasan kebangsaan dan global. Karakter berikutnya adalah visioner, mampu membuat pilihan dalam hidup, rukun, ramah, saling menghargai, jujur, sportif, dan tangguh.  
Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan berkarakter bagi setiap warga negara Indonesia memiliki peranan penting dalam upaya mewujudkan Indonesia yang maju dan bertabat. Pendidikan Pancasila ini sangtalah urgen diberikan khususnya  bagi para mahasiswa. Di perguruan tinggi, Pendidikan karakter terintegrasi dalam Pendidikan Pancasila sebagai mata kuliah dasar umum yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. Pemberian mata kuliah Pendidikan Pancasila kepada setiap mahasiswa itu sebagai wujud pengembangan karakter, watak dan akhlak yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila  dimaksudkan untuk mencegah timbulnya radikalisme yang membahayakan negara, dan juga agar setiap mahsiswa dapat memahami dan mengemalkan nilai-nilai Pancasila. 
   Perlu diketahui bahwasanya dalam sektor modern perguruan tinggi (universitas) dianggap sebagai lembaga paling modern dan pembaruan. Perguruan tinggi ialah sebuah pusat dengan perananya menghasilkan pemimpin yang cocok di masa kini dan mempelopori modernisasi.
Eksistensi mahasiswa sebagai generasi muda merupakan ujung tombak harapan bangsa, ia adalah aset berharga untuk masa depan Indonesia. Maka dari itu, untuk menjadi bangsa yang berdaulat, berdikari, dan unggul, setiap generasi muda harus memiliki karakter Pancasila sebagaimana yang telah dipaparkan sebelumnya. Dengan pendidikan pancasila, mahasiswa didambakan menjadi warganegara Indonesia yang unggul dalam penguasaan Iptek dan seni, namun tidak kehilangna jati dirinya, apalagi tercabut dari kara budaya bangsa dan keimanannya.
Adapun tujuan pendidikan pancasila sebagai pendidkan berkarakter adalah sebagai berikut; Pendidikan pancasila mengarahkan perhatian pada moral yang diharapkan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu perilaku yang memancarkan iman dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai golongan agama, perilaku yang bersifat kemanusiaan yang adil dan beradab, perilaku kebudayaan, dan beraneka ragam kepentingan perilaku yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan perorangn dan golongan. Dengan demikian perbedaan pemikiran, pendapat atau kepentingan diatasi melalui keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Pendidikan Pancasila sebagai salah satu dari mata kuliah memiliki misi dan visi;
Misi Pendidikan Pancasila : Misi pendidikan Pancasila di perguruan tinggi menjadi sumber nilai dan pedoman bagi penyelenggaraan program studi dalam mengantarkan mahasisiwa mengembangkan kepribadiaannya.
Visi Pendidikan Pancasila: Bertujuan membantu mahasiswa agar mampu mewujudkan nilai dasar agama dan kebudayaan serta kesadaran berbangsa dan bernegara dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dikuasainya dengan rasa tanggung jawab kemanusiaan.
Pendidikan Pancasila yang berhasil akan membuahkan sikap mental bersifat cerdas penuh tanggung jawab dari peserta didik dengan perilaku yang : Beriman dan bertakwa terhadap TuhanYang Maha Esa, Berprikemanusiaan yang adil dan beradab, mendukung persatuan bangsa, mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan perorangan dan mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial.
Perlu diingat bersama bahwasanya Pentingnya pendidikan karakter Pancasila tidak sebatas untuk menanggapi isu-isu aktual dan dijadikan sebagai komoditas iklan pendidikan, tetapi ada capaian-capaian masa depan yang harus diraih, yakni membangun bangsa yang berdaulat, mandiri, dan unggul.
 
       I.            REFERENSI
-Kaelan, MS., Dr.. 2004. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta:Paradigma
-Winarno, dwi.Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan.2006.Surakarta: PT: Bumi aksara.
-Syarbaini, syahrial. Pendidikan Pancasila di Perguruan tinggi.2002.Jakarta: Ghalia Indonesia.
-Salim, arshal.Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani.2000.Jakarta: Jakarta Press
-Daryono,M,dkk.Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.1998.Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Written by: Naili U.H 
                  08 November 2011 (tugas mata kuliah PKN, FFUA 2011)


2 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
  2. Toko Mesin · Jual Mesin · Susu Listrik · Portal Belanja Mesin Makanan, Pertanian, Peternakan & UKM · CP 0852-576-888-55 / 0856-0828-5927

    BalasHapus